3 Aplikasi Quran Andriod Terbaik di Playstore

Posted by

Hari ini Playstore telah memberikan banyak sekali aplikasi-aplikasi yang kita butuhkan. baik yang bersifat pribadi atau secara umum, baik yang bersifat sosial ataupun yang mungkin agak kontroversi. maka demikian halnya juga aplikasi-aplikasi dalam ranah keislaman, pun bermunculan. mulai dari aplikasi al-Quran, Hadist, kitab islam, buku islam dan lain sebagainya. wah tentunya sangat bermanfaat sekali bagi kita sebagai umat muslim. Dan yang alhamdulillahnya lagi adalah semua aplikasi yang disediakan oleh playstore berstatus gratis alias tidak bayar. waaw.... Tentunya selain dari semua aplikasi yang kita download itu bermanfaat bagi pengetahuan kita dan uang kita juga tentunya tidak mengeluarkan duit lah untuk membelinya hehehe. 

Nah disini saya akan berikan beberapa aplikasi islam yang sangat bagus sekali, tentunya sangat membantu pengetahuan anda dalam memahami islam, mempelajarinya dan bahkan tentunya pengetahuan anda pastilah semakin bertambah.  

Ada alasan mengapa saya katakan bagus, ya karena sub-sub pilihan dalam setiap aplikasinya sangatlah rinci. biasanya jika dalam setiap aplikasi itu terdapat banyak pilihan didalamnya maka aplikasi tersebut akan semakin bagus dan semakin ok. baiklah langsung aja teman-teman, inilah dia 3 aplikasi android quran terbaik di playstore.

1. My Quran INA
My Quran INA adalah sebuah aplikasi alqur'an yang keren dan banyak sub rinciannya juga. didalamnya terdapat beberapa katagori yang diberikan. selain kita dapat membaca quran dengan aplikasi tersebut demikian halnya juga dengan terjemahan akan tetapi aplikasi ini juga mengajarkan kepada kita pada ilmu tajwidnya. jadi jangan khawatir jika kita masih belum bisa membaca alquran kita bisa belajar secara otodidak dengan aplikasi keren yang satu ini. tidak hanya disitu saja, tapi My Quran INA juga memberikan ilmu tentang makharijul huruf pada setiap huruf hijaiyyah. kegunaannya adalah untuk memberikan tata cara pengucapan tiap-tiap kalimat alquran. seperti bagaimana kita harus mengucapkan huruf "ر" yang benar, terkadang sebahagian orang mengucapkan kata "RO", ada juga "RA" dan sebagainya. dan lebih bagusnya lagi kita bisa mendengarkan langsung ucapan-ucapan kata pada makharijul huruf tersebut. jadi ibarat kita bagaikan belajar dengan guru Quran langsung.

ni contoh gambarnya gan :

coba antum lihat gambar disamping, ini adalah contoh gambar makharijul hurufnya, ada huruf alif, bagaimana pengucapan yang benar alif, ba, ta, tsa, jim, dan semuanya. yang pasti sangat membantulah untuk kita semua yang mungkin ada didantara kita yang belum bisa lancar baca alqur'an. Oya gan, aplikasi ini buatan Indonesia lo, dari The Wali Studio, aplikasi ini diciptakan oleh Departemen Agama R.I. wah keren ya. tentunya berbahasa indonesialah hehehe. dan sangat bersahabat sekali aplikasi ini untuk kita bersama selaku sama sama bangsa indonesia.

My Quran INA juga menyediakan pencarian ayat, jadi jika kita ingin mencari sebuah tema perkata dalam quran, kita bisa tinggal ketik pada aplikasi tersebut. misalnya kita ingin mencari kata ayat "zina" maka Quran INA ini akan menunjukkan seluruh kata zina yang ada didalam alquran, dan tentunya aplikasi ini juga menunjukkan letak ayatnya, surat apa dan jumlah ayat kata pencaharian.

Apa kelebihan didalam aplikasi ini selain yang telah disebutkan diatas :
a. Menyediakan aturan secara bertahap bagi orang yang ingin menamatkan quran
b. Menyediakan kolom bagi hafidz quran.
c. Menyediakan kumpulan doa-doa sehari-hari
d, Menyediakan Jadwal Shalat
e. Menyediakan nama-nama Allah atau al-asmaul husna


2. Quran Android
Aplikasi Quran Android sama sepertimana pada aplikasi al-quran lainnya. Tapi kenapa ane menyebutkan bahwa aplikasi quran ini sangat bagus, ya karena diseain dari aplikasi ini sangat ditail, tulisannya terang dan sangat jelas. kenapa begitu ya karena aplikasi ini tidak terpisah-pisah tulisan qurannya. maksudnya gimana sih gak ngerti ? hehehe nanti saya tunjukkan gambarnya. Tapi ada yang paling penting yang ingin saya jelaskan, dan itu merupakan kelebihan yang dimiliki aplikasi ini, Saya ingin bilang bahwa tidak semua aplikasi quran di playstore bagus dan sesuai serta persis dengan quran aslinya. maksudnya ? begini kebetulan saya kuliah di UIN Banda Aceh Ar-Raniry, di jurusan khusus bidang Quran selama saya belajar ternyata di dunia ini ada beberapa sistem penulisan alquran, dan tentunya cetakanpun berbeda. kalau di indonesia ada 4 penerbitan alquran salah satunya adalah cetakan semarang dan satu lagi ada dari departemen agama, nah kalau di madinah ada cetakan madinah. jadi apa bedanya kan sama aja? jawabannya tidak. memang setiap kalimat quran itu sama tapi penulisannya berbeda, bahkan karena salah penulisannya bisa menyebabkan mengubah makna saat kita baca, nah simplenya adalah cetakan yang paling bagus didunia ini adalah cetakan madinah, karena metode penulisan, cara penulisan, dan peletakan bentuk titik, baris, dan sisi lengkungan kata sesuai dengan sistem penulisan sahabat Utsman bin Affah,

Ketika pertama kali sahabat Utsman mencetak Quran maka akhirnya mushaf ini dinamakan dengan Mushaf Utsmani. Nah aplikasi yang punya sistem penulisan sesuai dengan sahabat ustman ini adalah quran cetakan madinah, itulah sebabnya kenapa saya letakkan aplikasi android ini menjadi thread di web ini. Kelebihannya aplikasi ini adalah satu, yaitu mempunyai sistem penulisan sesuai sistem penulisan sahabat utsman.

nih gambar contohnya :

Beginilah sisitem penulisan alquran yang benar, sesuai dengan penulisan yang ditulisa oleh sahabat utsman. dan inilah yang maksud bahwa tulisannya teratur dan rapi

Apa kelebihan Aplikasi ini : 

Disertai batasan juz-juz alquran. sehingga kita tahu sampai dimana kita membaca dan sampai juz ke berapa. Tentunya hal ini dapat membantu kita untuk siapapun yang ingin mengkathamkan quran.

ini adalah terjemahan pada aplikasi tersebut, jadi jangan khawatir jika ingin mengetahui makna quran setiap apa yang kita bacakan. oya satu lagi, coba lihat di paling ujung sebelah kiri bawah. disana terlihan logo seperti play. nah ini adalah visual audio untuk quran ini, jika kita ingin mendengarkan suara para syekh syekh qori di dunia maka quran ini solusinya. 


3. My Quran Anak
Nah aplikasi quran ini lain dari yang lain. kalau dua aplikasi diatas adalah untuk kita orang-orang dewasa ini ataupun untuk kita kita yang sudah bisa, pandai dan lancar baca alquran, kalau quran ini khusus untuk anak-anak, adik, ponakan, sepupu kita yang masih kecil, yang masih dalam tahapan belajar. yup tentunya inilah aplikasi yang oke buat mereka semua. Aplikasi ini masih satu produksi dengan My Quran INA, diseain yang dibuat dalam aplikasi ini disesuaikan dengan keadaan anak-anak. tapi gan terkadang bagi kita perlu juga lo hehehe, karena ada aplikasi asmaul husna yang pertiap nama-nama alhusna tersebut disertai dengan definisi, atau arti. yah, minimal kalau anak tanya sama bapaknya "Yah,,, Allah itu apa ya", kita bisa menjawab dan cepat terus buka aplikasi ini kemudian baca apa Allah itu. demikian juga dengan nama-nama Allah yang lainnya. wah pokoknya beres banget aplikasi ini. Selain kita mendidik adik atau anak kita, ya kita tentunya tidak usah repot-repot mengucapkan apa yang ingin kita ajarkan kepada anak-anak kita, semua sudah ada didalam aplikasi ini. 

apa kelebihannya ? ni gambarnya gan. maaf jika agak acak acakan hehehe 



oke gan ini aplikasi silahkan download saja di Playstore ya, saya yakin sangat bermanfaat bagi antum antum sekalian. Insyallah. Salam dari saya Tgk. habibie




















FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 22:14

0 komentar:

Post a Comment

Translate

Powered by Blogger.